Sunday, February 11, 2007

obituari

blog ini adalah blog yang kesekian dari semua tulisan-tulisan saya, kata-kata yang selalu saja beranak pinak menjadi apa segala yang bisa. menjadi pusis, menjadi cerpen, essai, novel menjadi apa saja, darah bahkan kalo perlu. menulis bagi saya adalah pembebasan, menulis adalah perjalanan imajiner, menulis juga adalah suatu ritual cinta buat saya. malam kemarin seseorang yang saya hormati berpulang ke akhirat. seseorang yang menjadi inspirator saya untuk tetap menulis dalam kondisi apapun, beliau memang tak sepopuler penulis lain, namun justru disitulah saya menemukan tapak kaki saya yang sama dengannya. di tengah usianya yang begitu senja, beliau masih suka naik turun angkot dari rumah sanak saudaranya untuk mempost hasil tulisannya ke warnet. pengasingan yang dikenakan terhadap beliau oleh negara tempat saya tinggal juga tidak mempupuskan niatnya dalam menulis. kemarin malam, belum lagi habis saya hisap rokok sebatang, belum lagi datang ice lemon tea di kafe yang penuh sesak ini, sebuah sms masuk di telefon gengam saya :

Berita duka :
sobron aidit telah meninggalkan kita
hari sabtu jam 9 pagi waktu paris.

sejenak mata kami nanar, menatap entah apa. tangis kami tercekat karena seorang comerades berpulang hari ini. selamat jalan pak sobron, senyummu saat kita berfoto bertiga masih tersimpan, belum lagi usang. namun semangat melawan akan terus membuncah didada kami pak sobron.

No comments: